← Back

Lakukan 5 Cara ini Jika Kamu Mengalami Writer’s Block

Bagi kamu yang suka menulis atau terjun di dunia tulis menulis, pasti kamu pernah merasakan kesulitan untuk merangkai kata-kata hingga kehilangan ide untuk tulisan kamu sehingga tidak bisa melanjutkan tulisanmu. Nah keadaan yang sedang kamu alami itu disebut dengan writer’s block.

Writer’s block merupakan keadaan dimana penulis sulit menyusun kata-kata dan menuangkan pikirannya ke dalam tulisan. Writer’s block bisa disebabkan karena kelelahan sehingga otak tidak bisa berpikir dan kamu tidak bisa fokus untuk menulis.

Jika kamu sedang mengalami situasi tersebut, berikut ada 5 cara untuk mengatasi writer’s block:

1. Istirahat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah istirahatkan otakmu dengan menenangkan diri dan tidak memikirkan tulisanmu. Hal ini dilakukan untuk menyegarkan otakmu yang lelah karena dipaksa berpikir saat sedang mengalami writer’s block. Tapi ingat ya jangan istirahat terlalu lama sehingga tulisanmu terabaikan.

2. Membaca

    Jika kamu kesulitan menulis, cobalah mengatasinya dengan membaca. Saat kamu membaca kamu bisa mendapatkan diksi baru yang akhirnya memicu otakmu untuk mengolah diksi tersebut menjadi ide-ide.

    Kamu bisa membaca apa saja mulai dari buku, artikel, jurnal, atau cerita-cerita yang ada di media sosial sehingga nanti mungkin saja kamu bisa mendapatkan inspirasi dari apa yang kamu baca.

    3. Cari Susana Baru Saat Menulis

      Salah satu penyebab terjadinya writer’s block mungkin saja kamu jenuh dengan suasana atau tempatmu biasa menulis. Cobalah cari tempat atau suasana baru seperti misalnya di coffee shop, atau tempat yang menyajikan pemandangan yang indah agar saat menulis otakmu terasa fresh.

      4. Menulis Bebas

        Jika kamu kesulitan untuk menyusun kata-kata atau kalimat, cobalah untuk menulis bebas dengan tidak memikirkan apapun yang kalian tulis. Tuangkan saja apa yang ada di pikiranmu ke dalam tulisan dengan menghiraukan struktur kata atau kalimat yang kalian tuliskan, kamu juga bisa mengungapkan apa yang sedang kamu rasakan ke dalam tulisan. Cara ini seperti bentuk meluapkan membebaskan dan meringankan pikiranmu.

        5. Singkirkan Gangguan

          Kamu bisa menyingkirkan atau menghindari gangguan-gangguan yang menurutmu mengganggu proses menulismu. Contohnya lingkunganmu terlalu berisik dan kamu sulit konsentrasi jika mendengar suara bising, kamu bisa pindah tempat atau menunggu hingga keadaan kondusif. Atau kamu mudah teralihkan oleh ponselmu, kamu bisa menyingkirkan atau mematikan ponselmu selama proses menulis.

          Itu tadi adalah 5 cara mengatasi writer’s block bagi penulis. Semoga tips diatas dapat membantumu untuk menghadapi writer’s block. Hal yang paling utama adalah kamu tidak boleh menyerah dan harus tetap semangat menulis ya!